1.
Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
2.
Control Objectives for Information and Related Technology(COBIT)
COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat olehInformation Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
3.
Software Maintenance Maturity Model
Maturity
Model adalah suatu metode untuk mengukur level pengembangan manajemen proses,
yang berarti adalah mengukur sejauh mana kapabilitas manajemen tersebut.
Seberapa bagusnya pengembangan atau kapabilitas manajemen tergantung pada
tercapainya tujuan-tujuan COBIT.
Sebagai
contoh adalah ada beberapa proses dan sistem kritikal yang membutuhkan
manajemen keamanan yang lebih ketat dibanding proses dan sistem lain yang tidak
begitu kritikal. Di sisi lain, derajat dan kepuasan pengendalian yang
dibutuhkan untuk diaplikasikan pada suatu proses adalah didorong pada selera
resiko Enterprise dan kebutuhan kepatuhan yang diterapkan.
Secara
umum, maturity model biasanya memiliki ciri sebagai berikut:
1.
Proses pengembangan dari suatu organisasi disederhanakan dan dideskripsikan
dalam wujud tingkatan kematangan dalam jumlah tertentu (biasanya empat hingga
enam tingkatan).
2.
Tingkatan kematangan tersebut dicirikan dengan beberapa persyaratan tertentu
yang harus diraih.
3.
Tingkatan - tingkatan yang ada disusun secara sekuensial, mulai dari tingkat
inisial sampai pada tingkat akhiran (tingkat terakhir merupakan tingkat
kesempurnaan).
4.
Selama pengembangan, sang entitas bergerak maju dari satu tingkatan ke
tingkatan berikutnya tanpa boleh melewati salah satunya, melainkan secara
bertahap berurutan.
4.
PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT
5.
Application Services Library (ASL)
Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah “perpustakaan” digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia dalam bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
6.
Business Information Services Library (BISL)
BiSL adalah standar domain publik sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL). Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat. [1] BiSL berkaitan erat dengan ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini adalah bahwa ITIL dan ASL fokus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi TI), sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi pengguna akhir)
7.
Microsoft Operations Framework (MOF).
Microsoft Operations
Framework (MOF) 4.0 adalah serangkaian panduan yang bertujuan membantu
teknologi informasi (TI) profesional menetapkan dan menerapkan layanan yang
handal dan hemat biaya.
8.
eSourcing Capability Model for Service
Providers (Escm-sp) daneSourcing Capability Model for Client Organizations
(eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management
eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) adalah suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik” model kemampuan dengan tiga tujuan :
- Untuk memberikan penyedia layanan bimbingan yang akan membantu mereka meningkatkan kemampuan mereka di seluruh sourcing siklus hidup
- Untuk menyediakan klien dengan cara yang obyektif mengevaluasi kemampuan penyedia layanan
- Untuk menawarkan penyedia layanan standar untuk digunakan saat membedakan diri dari pesaing.
Referensi
·
Wikipedia. (2015) Definisi Manajemen Layanan Sistem
Informasi. Diakses dari:https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM. [Diakses pada: 14 Maret 2018]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar