PT Garuda Indonesia
(Persero) Tbk. adalah maskapai pertama dan terbesar di Indonesia, Dengan
pendekatan berorientasi “melayani”, Garuda Indonesia bertujuan menjadi penyedia
layanan terdepan bagi wisatawan di negara ini sekaligus menyediakan layanan
pengiriman barang melalui udara. Grup Garuda Indonesia pada saat ini memiliki
lima anak perusahaan yakni PT Aerowisata, PT GMF Aero Asia, PT Abacus
Distribution System, PT Gapura Angkasa dan PT Aero System Indonesia.
Memasuki tahun ke 70
tahun di industri penerbangan, Garuda Indonesia telah diakui sebagai Maskapai
Penerbangan Regional Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan Kelas Ekonomi
Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan dengan Kru Kabin Terbaik di Dunia, dan
banyak penghargaan bergengsi lainnya dari lembaga-lembaga yang dihormati di
dunia seperti Skytrax yang berbasis di London.
PT. Garuda Indonesia (Persero)Tbk mempunyai visi, misi, nilai dan tujuan perusahaan, yaitu :
PT. Garuda Indonesia (Persero)Tbk mempunyai visi, misi, nilai dan tujuan perusahaan, yaitu :
1. Visi
Menjadi perusahaan
penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada
masyarakat dunia mengunakan keramahan Indonesia.
2. Misi
Sebagai perusahaan
penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia
kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan
pelayanan yang professional.
3. Tujuan
Tujuan utama Garuda
Indonesia adalah kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Dalam jangka waktu
dua tahun, Garuda telah menghidupkan kembali kebudayaan perusahaan, yaitu
higher Seat Load Factor, improve On Time Performance, menambah penghasilan dan
profitabilitas dan mengembangkan kepuasan pelanggan. Anak perusahaan Garuda
juga menerapkan tujuan yang sejalan dengan perusahaan induknya, yaitu kepuasan
pelanggan.
4. Startegi
Garuda Indonesia
mendirikan beberapa UBS dan menggaet beberapa usaha strategis untuk mendukung
operasional yaitu Unit Bisnis Garuda Sentra Medika (GSM) dan Unit Bisnis Garuda
Cargo. Garuda Indonesia juga mempunyai anak perusahaan untuk mendukung seluruh
kegiatannya dan diatur secara independen namun tetap di bawah pengawasan induk
perusahaan. Anak Perusahaan Garuda Indonesia adalah PT. Aerowisata, PT. Abacus
DSI, PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia dan PT. Aero System Indonesia.
PT. Aerowisata didirikan di Jakarta tanggla 30 Juni 1973 yang
mengembangkan usaha jasa yang berkaitan dengan industri pariwisata seperti bidang
perhotelan, jasa boga, transportasi darat, dan agen perjalanan. PT. Abacus
Distribution Systems Indonesia, cakupan kegiatan perusahaan ini meliputi
layanan sistem reservasi yang terkomputerisasi, penyewaan peralatan komputer
yang digunakan oleh agen-agen perjalanan, menyediakan fasilitas pelatihan
pegawai untuk agen-agen perjalanan serta menyediakan bantuan teknis dalam
sistem pemesanan tiket terkomputerisasi. PT. Garuda Maintenance Facility Aero
Asia berdiri tanggal 26 April 2002.PT. Aero Systems Indonesia (ASYST) didirikan
pada tahun 2005. Kegiatan ASYST meliputi layanan konsultasi dan sistem teknik
teknologi informasi serta layanan pemeliharaan penerbangan dan industri
lainnya.
Anak Perusahaan
Garuda Indonesia memliki
4 anak perusahaan yang fokus pada produk/ jasa pendukung bisnis perusahaan
induk. Anak perusahaan Garuda Indonesia meliputi :
PT Aerowisata
PT. Aerowisata bergerak
dibidang Industri pariwisata dan hospitality, antara lain perhotelan, jasa
boga, serta biro perjalanan.
PT Abacus Distribution
Systems Indonesia (PT Abacus DSI)
Perusahaan Penyedia jasa
teknologi informasi dan komunikasi, utamanya menyediakan sistem komputerisasi
reservasi melalui Global Distribution Systems (GDS), perangkat keras dan
pelatihan bagi biro-biro perjalanan
PT Garuda Maintenance
Facility Aero Asia (GMFAA)
Perusahaan ini didirikan
untuk penydia Jasa perbaikan dan perawatan (Maintenance, Repair & Overhaul
- MRO) pesawat terbang termasuk mesin dan komponennya.
PT Aero Systems Indonesia
PT. Aero Systems Indonesia membindangi Jasa
konsultasi dan rekayasa sistem teknologi informasi serta jasa pemeliharaan bagi
maskapai penerbangan dan industri lainnya.
Pengembangan
Visi dan Misi PT. Garuda Indonesia Airlines
1. Pengembangan
Misi
a. Customers
Yang menjadi pelanggan
Garuda Indonesia adalah pelanggan kalangan menegah ke atas.
b. Products
or services
Garuda Indonesia
merupakan perusahaan jasa yang menawarkan layanan yang berkualitas,
professional, full services, dan merupakan layanan yang berkelas Internasional.
Hal ini didukung dengan adanya“Garuda Experience”.
c. Markets
Garuda Indonesia bersaing
dalam perusahaan penerbangan domestik maupun Internasional yang menargetkan
pada konsumen kalangan menengah atas.
d. Technology
Garuda Indonesia memiliki
teknologi informasi yang mutakhir dalam menjalankan bisnis sehingga menempatkan
Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan dengan TI tercanggih di
Indonesia.
e. Concern
for survival, growth, and profitability
Untuk kelangsungan hidup,
pertumbuhan, dan kemampuan untuk mengahsilkan laba (profitabilitas) Garuda
Indonesia memiliki beberapa anak perusahaan diantaranya adalah PT. Aerowisata,
PT. Abacus DSI, PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia dan PT. Aero System
Indonesia.
f. Philosophy
Garuda Indonesia sudah
mempunyai kepercayaan yang baik di mata konsumen, ini dibuktikan dengan banyaknya
penghargaan yang diraih oleh Garuda Indonesia.
g. Self-concept
Dilihat dari keunggulan
Garuda Indonesia yaitu maskapai penerbangan dengan full services pertama di
Indonesia yang memiliki image dan prestasi yang baik di mata Internasional,
maskapai penerbangan yang memiliki sertifikat IATA Operational Safety Audit.
h. Concern
for public image
Garuda Indonesia
melakukan berbagai program kerjasama yang dapat menigkatkan pemberdayaan
masyarakat dan lingkungan. Melalui program-program CSR yang disebut Garuda
Indonesia Cares ( Garuda Indonesia Peduli ), upaya pemberdayaan masyarakat dan
menjaga lingkungan itu akan terus menjadi bagian dari kerja keras untuk
memajukan perusahaan.
i. Concern
for employees
Bagi Garuda Indonesia,
para karyawan merupakan asset yang berharga. Ini dibuktikan dengan perekrutan
yang dilakukan berdasarkan strategi dan tujuan Garuda Indonesia. Dalam
pandangan Garuda Indonesia, karyawan dapat dilihat sebagai modal manusia,
menyiratkan bahwa karyawan Garuda Indonesia memiliki pengetahuan, keterampilan
dan kebiasaan kerja potensial yang dapat mendukung produktivitas perusahaan.
Agar menjadi modal berharga dengan kontribusi yang kuat untuk organisasi,
setiap karyawan harus memiliki semangat kerja yang sehat dan karenanya akan
cukup kompeten untuk organisasi.
2. Pengembangan
Visi
Dari sisi Visi, dapat
dikatakan bahwa PT Garuda Indonesia sudah baik. Dapat dilihat dari apa yang
ingin dicapai PT Garuda Indonesia di masa depan, yaitu sebagai penyedia jasa
penerbangan pilihan utama.
Sumber:
·
Filsufgaul. 2012. “Garuda Indonesia Airways
dalam Perspektif Inovasi, Restrukturisasi, dan Transformasi
Kepemimpinan”.https://filsufgaul.wordpress.com/2012/12/15/garuda-indonesia-airways-dalam-perspektif-inovasi-restrukturisasi-dan-transformasi-kepemimpinan/(diakses
pada tanggal 15 Maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar