StoryBoard
Dalam produksi sebuah produk Film
animasi , salah satu tahapan penting yang harus dibuat terlebih dahulu adalah
membuat storyboard. Storyboard merupakan konsep komunikasi dan ungkapan
kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual,
termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar,
huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima
oleh sasarannya. Menurut para ahli pengertian Storyboard seperti :
Halas, storyboard merupakan
rangkaian gambar manual yang dibuat secara keseluruhan sehingga menggambarkan
suatu cerita.
Sedangkan Menurut Luther ,
storyboard merupakan deskripsi dari setiap scene yang secara jelas
menggambarkan obyek multimedia serta perilakunya.
Storyboard merupakan area berisi
dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk
menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita. Ibarat kata
storyboard bentuk seperti komik namun tana blon dialog dan beda fungsi. Tujuan
utama storyboard adalah untuk menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah
cerita. Storyboard juga berperan dalam pewaktuan pada sebuah sequence, sudut
pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan anatara elemen dalam satu
frame.
Storyboard berperan menjadi gambaran
dasar dari sebuah produk yang akan kita bangun berikutnya, ini merupakan cetak
biru atau algoritma dari apa yang akan kita bangun. Pada awalnya storyboard
merupakan kumpulan dari kertas gambar yang berisi rangkaian-rangkaian kejadian
dalam sebuah produksi film, termasuk film animasi. Hal ini akan menjadi
kerangka dasar bagi sutradara atau pembuat scenario tentang bagaimana sebuah
film seharusnya berjalan. Begitu pula halnya dengan pembuatan aplikasi
multimedia interaktif.
Agar lebih memahami apa sesungguhnya
storyboard, kita rangkum pengertian storyboard menurut para ahli yang telah
dijelaskan sebelumnya. Sehingga menghasilkan pengertian storyboard secara
umum adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan
storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan
lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti
gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide
cerita kita.
Storyboard secara harfiah berarti
dasar cerita. Storyboard merupakan konsep komunikasi dan ungkapan kreatif,
teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk
audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan
warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh
sasarannya. Storyboard juga tidak terbatas hanya pada pembuatan iklan saja
karena produksi game, cd multimedia dan elearningpun menggunakan story board.
Kegunaan StoryBoard :
1.
Jika
film dikerjakan 1 tim, agar alur cerita bisa dipahami oleh anggota tim.
2.
Agar
kita tidak lupa dengan alur cerita yang sudah kita rencanakan (sebagai pedoman
atau pengingat).
3.
Untuk
mempermudah pembacaan isi cerita secara visual (seperti komik).
Storyboard dapat dibuat dengan 2
cara, yaitu :
1.
Penggambaran
cerita dalam bentuk strip (potongan-potongan gambar) sesuai perkiraan tampilan
yang diharapkan di layar (seperti komik), disertai penjelasan lengkap mengenai
cerita.
2.
Membuat
storyboard dengan simbol, (ditujukan bagi yang tidak bisa menggambar).
Jadi bentuk storyboard bisa dibuat
dengan simbol-simbol yang bisa dimengerti oleh orang lain. Contoh: penggambaran
manusia dibuat dengan bentuk garis dan kepala bulat, atau bentuk simbol bahwa
gambar dimaksud adalah manusia. Storyboard model ini harus diberi penjelasan
maksud simbol tersebut.
Sekian penjelasan mengenai
storyboard Semoga bermanfaat dan memudahkan sobat dalam memahami pengertian
storyboard sehingga memudahkan sobat dalam pembuatannya.
StopMotion
Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk
membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.
Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga
menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara
berkesinambungan. Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan dalam stop
motion untuk kemudahan mereka mereposisi. Gerakan animasi menggunakan tanah
liat disebut clay animation or clay-mation. Pada umumnya animasi awalnya bukan
video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi
sebuah video. Begitu pun stop motion, juga terdiri dari kumpulan gambar yang
berurutan. Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah
sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Karena pengambilan sebuah gambarnya
memerlukan penggerakan objek secara manual. Dan objeknya bukanlah benda
hidup. Stop-motion animation sering pula
disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering
menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan . Tehnik
stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh stuart blakton pada tahun 1906
yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan
tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar
ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan
dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat
ini.
Wallace and gromit dan chicken run, karya nick parks, yang sempat hadir di jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah celebrity deadmatch di mtv yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan lupakan pula nightmare before christmast karya yang tim burton yang terkenal dengan film batman dan edward scissorhands. Sejauh ini perkembangan stop motion animation di indonesia belum terlalu besar, sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang.
Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.
Wallace and gromit dan chicken run, karya nick parks, yang sempat hadir di jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah celebrity deadmatch di mtv yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan lupakan pula nightmare before christmast karya yang tim burton yang terkenal dengan film batman dan edward scissorhands. Sejauh ini perkembangan stop motion animation di indonesia belum terlalu besar, sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang.
Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.
Dalam perkembangannya, stop motion animation sering disebut juga
sebagai claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/tanah
liat) sebagai objek yang digerakkan. Berdasarkan teknik penggarapannya, selain
limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGI atau Computer
Generated Imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion sebenarnya
tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali. Tidak diperlukan satu keahlian
khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan dalam pengerjaannya teliti dan
telaten. Animasi ini bukan animasi yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Namun,
semua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah kamera foto
atau kamera video tipe apa pun, tripod atau apapun yang dapat menyanga kamera
tepat pada tempatnya, dan yang paling penting adalah objeknya. Cukup dengan
menggunakan tangan sendiri, kita pindahkan posisi objek berupa boneka, model,
atau gambar secara perlahan-lahan. Dan setiap pergerakan itu direkam dengan
kamera foto ataupun kamera video. Ketika hasil rekaman itu kita susun
berurutan, maka yang tercipta adalah kesan seolah-olah objek bergerak dan
hidup.
Perkembangan TI dalam mendukung stop motion Sejak diperkenalkannya teknik baru, CGI atau Computer Generated Imagery di dunia animasi, tak lantas membuat stop motion dijauhi dari peminatnya. Malahan stop motion kini, semakin berjaya dengan kemudahan teknologi digital dan CGI. Film Corpse Bride yang digarap oleh Tim Burton misalnya. Film inilah yang pertama kali menggunakan teknologi full digital, peralatan yang dipakai kamera digital SLR still photography untuk merekam adegannya, dan untuk mengedit gambarnya menggunakan Apple’s Final Cut Pro. Dulu, teknik stop motion paling dijauhi oleh animator dunia. Alasannya udah lama, mahal pula. Coba bayangkan, untuk menciptakan animasi selama satu dektik saja, kita membutuhkan sebanyak 12-24 frame gambar diam. Bagaimana jika film animasi itu berdurasi satu jam bahkan lebih, bisa kebayangkan ribetnya minta ampun. Yah, ini semua dikarenakan masih mengandalkan teknologi analog. Baik proses produksi maupun post produksi seluruhnya menggunakan sistem analog, film seluloid yang mahal harganya, dan waktu penggarapannya pun jauh lebih lama daripada penggarapan film biasa. Itu sebabnya, perkembangan film animasi stop motion tidak secepat film animasi dengan menggunakan teknik lainnya. Baru di tahun 1989, sejak Wallace and Gromit muncul di layar kaca, stop motion kembali mengepakkan sayapnya di dunia animasi. Dan dibuktikan kembali oleh Chicken Run di tahun 2000, sampai sekarang. Bahkan, tak sedikit animator independen akhirnya ikut-ikutan tertarik dengan teknik ini. Buktinya, Mary and Max berhasil mencuri perhatian, dan menjadi the opening night pada festival Sundannce Film tahun 2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar